Blackberry blog

Baru nemu cara nge-blog yang mobile lewat Blackberry, lumayan bisa buat nulis nulis ide ide.. Blog ini tetap konsisten mengulas seluk beluk kegiatan pabrik, suka duka, permasalahan dan kegiatan kegiatan diluar kerja yang sangat positif.
Visi Misi dari manufacturing virus adalah mempabrikan Indonesia dan meng Indosesiakan pabrik..heehehehe
Tetapi yang sampai saat ini masih saya percayai kebenarannya adalah..” Proses yang baik selalu menghasilkan produk yang baik..”

Mari kita jaga proses proses aktivitas kita..

Aku telah menelantarkan Blog ku..

Ternyata selama ini aku telah menelantarkan blog ku.. Mohon maaf blog, aku berjanji akan kembali aktif..

Indonesian Quality Convention 2007

Selama hampir setengah tahun ini sebenarnya saya sedang punya event  yang cukup menyita pikiran… yaitu QCC. Apa QCC ? … QCC adalah singkatan dari Quality Control Cyrcle, dalam bahasa indonesia Gugus Kendali Mutu atau GKM. Dalam aktifitas  pabrik kegiatan QCC sudah sering kita lakukan secara internal.

dsc00973.jpgSedikit saya intro apa dan bagaimana  QCC itu. QCC adalah bagian dari aktifitas continous improvement  di pabrik. Siapa yang ingin survive di dunia manufactur wajib ada aktifitas continous improvement. Demikian juga kita sebagai pribadi tentunya.. QCC adalah keja team, kita membentuk team terserah kita anggotanya, idealnya  terdiri dari empat sampai lima orang. Kalau terlalu banyak biasanya kurang efektif, masing – masing saling mengandalkan dan jobdesc kurang terkontrol. Kalau cuma seorang ya bukan team namanya.. he he he.. Anggota team idealnya lintas departemen supaya lebih luas wawasan sebuah team tsb, satu departemen juga tidak masalah cuman nantinya analisa analisa yang dihasilkan hanya pada satu lingkup departemen tsb.  Team ini dibentuk untuk melakukan perbaikan di area kerja masing masing atau area kerja satu plant, lebih luas lah..  Team team ini dibentuk semata mata untuk melakukan continous improvement . Semua team bebas memilih tema perbaikan atau continous improvement, tetapi diharapkan yang mempunyai added value  bagi perusahaan. Kemudian semua team diberi batas waktu untuk menyelesaikan rencana perbaikannya… biasanya 6 bulan ditempat saya. Setelah enam bulan diadakan konvensi atau penjurian untuk mengambil team mana yang kegiatan perbaikannya paling bagus dan berdampak positif terhadap perusahaan. Acara sangat meriah biasanya saat konvensi… kayak sepak bola aja… Itu sekilas tentang QCC.

Sudah dari tahun 2005 saya terlibat acara seperti ini…yaah baru kemaren !! Lalu apa yang bikin pusing ??

Tentu saja bikin pusing, kita harus melakukan rencana perbaikan dengan langkah langkah yang sistematis, tidak boleh asal… ada panduannya yaitu delapan langkah tujuh alat QCC. Semuanya mesti harus dicheck dan diuji kebenarannya dan dampaknya bagi perusahaan. Sebenarnya kalau cuman itu juga tidak begitu bikin pusing… sehari hari kerjaan juga kayak gitu.. tetapi kali ini lain.. Manajemen meminta saya dan team untuk ikut dengan skala nasional, bukan hanya lingkup pabrik. Lha itulah yang bikin stress.. kita harus berkompetisi dengan perusahaan lain dari seluruh indonesia..

Kali ini IQC 2007 dilaksanakan di Cisarua Bogor, yang diselenggarakan oleh PMMI, Perhimpunan Manajemen Mutu Indonesia. Setiap tahun PMMI mengadakan even ini.  Tempat IQC juga berpindah pindah di kota kota se Indonesia. Bapak Sudomo, mantan mentri di era orde baru adalah pendiri dari PMMI ini. Pesertanya adalah dari perusahaan perusahaan se Indonesia, biasanya perusahaan yang besar dan BUMN.

Selama hampir empat bulan team saya persiapkan untuk event ini, yang bikin pusing lagi adalah makalah QCC yang di daftarkan harus makalah tahun 2006… waahhh musti refresh lagi..cari cari dokumentnya, foto foto perbaikannya dan coretan coretan hasil meetingnya.. Untung sejak awal kami di ” doktrin ” bahwa dokument QCC itu sangat penting, tidak boleh hilang dan tercerai berai… Kalau cuman kumal dan kusam tidak jadi masalah, justru lebih keliatan  “aura sakralnya”…  :-) he hehe

Setelah semua dokumen QCC kami serahkan maka tinggal hari konvensi yang kami tunggu. Hari konvensi adalah tanggal 27 – 30 Nopember 2007. Kami berangkat tanggal 26 nop, setelah pamitan dan mohon restu dari boss segera kami meluncur ke Bogor. Dalam perjalanan saya berusaha membangun rasa percaya diri setinggi tingginya.. bagaimanapun even nasional ini yang pertama. Sedangkan dua orang temenku sudah pulas…

Setelah sampai ditempat  kami melihat team team yang lain yang terlihat sangat kompak, banyak dan pada PD abiss…sedangkan saya hanya bertiga.. ya team saya cuma tiga orang. Melihat “performance” mereka di lobby perlahan lahan rasa percaya diri yang dari pagi saya bangun runtuh pelan pelan.. apalagi team dari perusahaan kami adalah yang pertama ikut di ajang IQC… pengalaman kami nol.!!

Sebenarnya banyak workshop penting yang sangat berguna  yang pengin saya ikutin, tetapi pikiran saya dan team selalu tertuju pada penjurian dan konvensi… presentasi ! Empat hari itu benar benar membuat kami stress, banyak makanan dan fasilitas tapi tidak bisa kami nikmati dengan maksimal.  Hari presentasi  giliran kami tanggal 30 nov jam satu siang ! Kami putuskan tidak makan siang sampai ahir presentasi, daripada mules ..!! Cuman makan kacang godok yg disediakan panitia tadi pagi… dan kopi.

Detik detik sampai jam satu benar benar membuat stress, apalagi fasilitator kami sekaligus ” guru spiritual manufactur ” ku belum kelihatan, beliau dalam perjalanan dari pabrik di bekasi. Sebenarnya ketiga “guru spiritual manufactur” ku berjanji hadir untuk kasih support murid muridnya..tetapi kok gak muncul…. Ahirnya jam satu tepat kami dipersilahkan siap siap, pasang laptop dan LCD. Pas lagi colok kabel laptop tiba tiba ketiganya muncul.. ” Baru mau mulai har ..??” wahhh semangat muncul lagi !!! Presentasi berjalan sangat lancar, tiba tiba aja mulutku lancar banget ngomong siang itu… padahal sehari sebelumnya belum hafal banget power pointnya.. Setelah presentasi legaaaaaa rasanya…

Setelah itu kami pamitan untuk makan siang, benar benar makan siang terlezat setelah empat hari… kami puaskan makan saat itu.  Guru guru spiritual manufactur ku lagi asyik menikmati presentasi peserta berikutnya, bahkan sempet tanya tanya saat presentasi.. Di dalam pikirannya beliau beliau tentunya sedang ber-memory remains tentang QCC mereka waktu muda dulu…Setelah puas nonton kami langsung menuju sebuah saung yang ada di depan gedung presentasi, crita crita dan bagi pengalaman menarik seputar QCC  dari guru guru ku.. ternyata mereka masih kangen ikutan QCC.

Tetapi jerih payah itu terbayar sudah.. vini vidi vici

medali

mY dArKeSt sYaWAL

Hari lebaran Idul fitri 1428 kemaren adalah idul fitri paling gelap dalam 30 tahun perjalanan hidupku. Selama bulan syawal kemaren aku kehilangan dua orang yang selama ini menjadi motivatorku, penabur doa dan semangat untuku, tempatku berkeluh kesah, tempatku men-download ilmu ilmu kehidupan dan agama…

Yu Dinem…

de-inem-abis-nyapu.jpg

di-cun-de-inem.jpg

Meskipun usianya beda 40 tahun tetapi dalam silsilah keluarga dia adalah kakak, aku biasa memanggil dengan “Yu” penggalan dari kata mBak Yu dalam bahasa jawa. Beliau lah yang dari kecil “ngemong” atau mengasuh aku ketika ibuku sedang repot memasak. Di gendongannya aku betah berlama lama, aku selalu dibawa keliling kampung hanya untuk menghibur biar aku tidak rewel.. menurutnya, dulu aku paling seneng dibawa ke pinggir kali… liat bebek..  Setelah aku menikah dan mempunyai anak, sifat ngemong-nya juga diperlihatkan pada anak anakku… cuma karena umur, gendongannya sudah tidak sekuat dahulu. Rasa sayang terhadap anak anaku memang kelihatan berlebih dibanding dengan keponakan yang lain, bahkan dengan cucunya sendiri. Dengan istri dan anak anaku beliau sering cerita masa masa kecilku, kami sering ketawa terpingkal pingkal ketika mengenang masa masa itu. Setelah itu biasanya doa doa indah dan pengharapan meluncur indah dari bibirnya.. Di ahir cerita sering dia memintaku untuk ikut menggotong jenazahnya jika saatnya tiba. Dia ingin aku mengantarnya ke tempat peristirahatannya yang terahir.

Hari lebaran kemaren aku pulang dua hari sebelum idul fitri, hari terahir puasa aku pagi pagi kerumahnya untuk sedikit memberikan bekal beliau berlebaran, dan juga ada titipan dari kakakku yang tidak bisa pulang lebaran ini. Seperti biasa beliau sangat senang menyambut anakku. Meskipun sudah tua tetapi puasanya tetap penuh, meskipun kadang kelupaan saur… beliau memang selalu konsisten dalam ibadah.. Sore hari aku dikagetkan oleh telpon dari kakak perempuanku.. ” Yu dinem jatuh di kamar mandi !!!”  Aku dan istriku langsung kerumahnya..atas bantuan tetangga beliau sudah bisa dinaikan ke dikasur. Begitu melihat anaku dia langsung tersenyum dan melambaikan tangan..tetapi lambaian yang sangat lemah.. lambaian yang ternyata tidak bisa aku lihat lagi.. lambaian terahir darinya.. Bicaranya sudah tidak jelas …Semakin lama kesadarannya menurun. Segera aku bawa ke rumah sakit… Semakin lama kesadarannya menurun drastis….hingga koma…skaratil maut..

Takbir Idul fitri kali ini terasa kosong bagiku..tidak ada nuansa kebahagiaan menyambut kemenangan.. Berkali kali surah Yassin kami bacakan, beratus ratus kali asma Allah kami lafadzkan. Jika Allah mengizinkan sembuh maka cepatkanlah, jika Allah akan memanggilnya maka mudahkanlah… Hari ketiga syawal, setalah pagi aku menunggunya Continue reading ‘mY dArKeSt sYaWAL’

Liburan Idul Fitri

52Wah telat sebenarnya kalau mau nulis tema Liburan Idul Fitri, orang udah pada masuk kerja lagi. Tapi gak papa lah, yang penting ada informasi yang bisa di share bagaimana aktifitas pabrik saat akan liburan, apalagi liburan panjang. Biasanya saat sebelum liburan kita meeting untuk membicarakan segala hal, mulai dari sisa order, sisa kapasitas, sisa project sampai safety.

Karena bagi kami customer adalah prioritas utama maka segala keputusan meeting musti mengacu kepada kepentingan customer…nego nego dikit ga papa lah… Intinya di saat kita libur customer tidak nungguin produksi kita. Oleh karena itu meeting sebelum liburan berguna unutk mengantisipasi kondisi seperti itu.

Pertama kita list dahulu order order atau project apa yang masih belum selesai kemudian kita hitung kapasitas produksinya, jika masih aman sampai hari libur berarti libur boleh jalan. Jika ada kondisi kapasitas produksinya sampai nabrak hari libur gimana ? Ada dua hal yang musti dilakukan, satu kita musti membicarakan hal ini sama customer, nego lah…. biasanya mereka mau, mereka juga perlu liburan karyawannya. Kalau mereka tetap minta kita produksi berarti harus ada beberapa orang yang standby. Kalau udah kayak gitu tinggal HRD yang ngurusin masalah tata tertibnya dan tentunya masalah pembayaran, kerja di hari libur beda dong gajinya..

Kedua kita harus memastikan pabrik yang bakalan kita tinggalkan benar benar sudah dalam keadaan aman. Jangan sampai kita enak libur tetapi pas balik pabrik sudah rata karena kebakaran… ekonomi kita terancam dong…naudzubillah.. Sebelum libur, di jam jam terahir biasanya kita bersih bersih, beres beres..5s lah. Ada yang sudah tahu 5s ? Kita akan bahas nanti tersendiri tentang 5s.. Selanjutnya kita harus memastikan semua listrik ke mesin dan peralatan sudah mati, kecuali untuk penerangan yang bisa di kontrol sekuriti. Kita juga harus memastikan bahan bahan kimia yang mudah terbakar sudah ditempatkan dalam tempat yang aman. Kalau tidak merasa aman dan tidak bisa terkontrol setiap saat lebih baik dikeluarkan dari area pabrik, bisa ditaruh di halaman yang bisa terkontrol oleh sekuriti.

Ada baiknya kita membuat checklist untuk memastikan tidak ada item item terlupakan untuk di kontrol. Check list sebaiknya dibuat untuk  per area pabrik, karena masing masing area tentunya berebeda kondisi yang harus dicheck. Kalau semua sudah dicheck tinggal kita bisa menikmati liburan, bisa silaturahmi ke semua saudara.

Selamat idul fitri 1428 H Mohon maaf lahir batin

Factory moving..

cut 1Sudah beberapa minggu ini memang santer terdengar bahwa corporate akan punya plant baru dan punya bisnis baru. Baru minggu kemaren big boss datang dan kami diajak ke kawasan industri sebelah dan kami ditunjukan dengan sebuah gedung yang cukup besar dan bagus. Ternyata benar, kita bakal punya pabrik lagi…! Minggu ini dibentuk team untuk aktifitas di pabrik baru, separuh kapasitas bakalan dipindah ke pabrik baru dan akan ditambah dengan bisnis baru . Dan ada pengumuman yang sangat mengagetkan, menurut boss kayaknya saya bakal dikembalikan lagi ke engineering… lho.., gagal ya di dept produksi ?  Awalnya saya berpikiran negatif seperti itu, tapi ternyata ada udang di balik rencana..peribahasa apa lagi tuh..?   :-) Sudah hampir menjadi “budaya” di corporate, bahwa setiap dua tahun sekali kita mempunyai plant atau pabrik baru, kita mempunyai bidang usaha baru, bahasa kerennya adalah develop new bussiness. Kebetulan plant tempat saya yang akan diperluas bidang usahanya, corporate beli pabrik lagi yang lebih besar karena di tempat sekarang kurang luas. Jaraknya tidak jauh dari plant sekarang. Banyak aktifitas preparation yang musti dilakukan,  semua berawal dari membuat layout area.

saSudah dua kali ini urusan bikin layout area telunjuk boss mengarah ke saya untuk ngerjainnya..dua tahun yang lalu juga, kebetulan aktifitas pindahan juga pas puasa lagi..!! Dari pengalaman dua tahun lalu ternyata bikin layout tidak semudah kita bikin petak petak tempat naruh mesin dan orang. Lebih dari itu ternyata…Pertama, Continue reading ‘Factory moving..’

Ramadhan di pabrik

ketuAlhamdulillah ramadhan datang lagi. Sebagaimana di masayarakat luas,aktifitas di lingkungan pabrik juga tidak ketinggalan dalam mengisi kegiatan ramadhan. Bisa dilihat jika jam istirahat siang tiba, biasanya setelah makan siang di kantin kebanyakan rekan rekan langsung mencari posisinya masing – masing, maksudnya yang biasa tidur ya langsung cari tempat untuk tidur disela sela meja kerjanya bahkan ada yang terbiasa tidur di sela sela mesin…wow! asal jangan pas lagi operasi aja .. Bagi rekan yang biasanya nongkrong dulu ya otomatis langsung cari gank-nya..

Tetapi ketika ramadhan tiba biasanya ada aktifitas yang lain, tentunya makan mereka ( muslim )  lupakan.. tetapi langsung pada berbondong – bondong sholat berjamaah, terus bergiliran mengisi kultum. Setelah kultum, bagi yang “kuat” biasanya diteruskan membaca Al Quran. Tetapi paling banyak juga langsung menuju tempatnya masing – masing untuk …..tiduuurr.

dangerAda spesial kondisi di pabrik ketika bulan puasa tiba, kondisi tubuh yang turun, mata masih sedikit ngantuk, perut lapar …tetapi kita tidak boleh lengah dengan SAFETY.  Kenapa ?  kita bekerja dengan alat alat berat, mesin – mesin otomatis, benda benda yang tajam, alat angkut yang bergerak hilir mudik. Kondisi seperti itu jika hari biasa kita dalam keadaan extra fit saja kita musti hati hati, apalagi jika kondisi kita sedang sedikit turun performanya. Continue reading ‘Ramadhan di pabrik’


April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Archives

http://pulsasuci.tk/

Support System Marketing Online


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.