Struktur organisasi pabrik

dieKali ini saya mau nulis tentang struktur organisasi di dalam pabrik… tentunya pabrik tempat saya bekerja sendiri dulu. Cari yang sederhana dulu, karena satu manufactur company dengan company yang lain berbeda beda tergantung dari kebijakan manajemennya. Tapi yang jelas ada boss-nya.. he heh he :-).

Meskipun banyak sekali perbedaan struktur oranisasi masing – masing pabrik tetapi pada dasarnya sama. Kalau bisnisnya semakin luas dan besar maka setiap departemen mempunyai sub departemen yang banyak pula. Paling dasar dari struktur organisasi yang harus ada adalah :

1. Marketing

2. PPIC

3. Purchasing

4. Production

5. Quality Control

6. Engineering

Masing masing mempunyai jobdesc  sendiri sendiri meskipun mereka adalah satu teamwork. Pokoknya kayak maen bola aja, striker tugasnya nyerang, back bertahan dan keeper jaga gawang..lho kok jadi ke bola ?  :-)  Ok kita lanjutkan.. Ke-enam departemen tsb dibawahi oleh seorang Plant Head atau Direktur. Kepala pabrik lah…

Untuk masing masing jobdesc dari departemen tersebut dan subdepartemen dibawahnya akan kita bahas satu persatu dalam posting selanjutnya secara berurutan, serta tak ketinggalan hubungannya dengan departemen yang lain. Karena way of working di pabrik sudah diset-up sistematis sehingga hubungan antar departemen dan teamwork yang solid sangat diutamakan.

Nice teamwork , nice result !! setuju khannn

11 Responses to “Struktur organisasi pabrik”


  1. 1 ppic_wannabe September 26, 2007 at 11:30 am

    wah…menarik sekali sharing-nya.
    ditunggu banget nih lanjutannya, terutama yang bersangkutan dengan PPIC, karena saya ingin belajar banyak di departemen tsb.
    thanks.

  2. 2 siti nurjanah April 9, 2008 at 4:23 am

    selamat siang saya ingin ikut bergabung dengan anda.. saya siswa IGTC International Garment training center ( IGTC ) BOGOR …
    saya tertarik dengan situs ini ..

    thank you

  3. 3 hartadi April 12, 2008 at 3:21 am

    Terimakasih mBa Siti..

    Tapi mohon maaf saya jarang banget meng update blog ini.. yaa karena kesibukan, maklum buruh pabrik..

    Kalau ada sesuatu yang perlu saya bantu, jangan sungkan untuk email ke saya.

    thanks

    hartadi

  4. 4 ninda November 24, 2008 at 12:23 am

    saya mahasiswa teknik kimia undip n lagi menyelesaikan skripsi..n saya gak ngerti tentang jobdesc depart. di atas.bisa bantu?thx..

  5. 5 hartadi December 1, 2008 at 3:36 am

    mBa Ninda..

    Bisa japri ke saya ya..
    Agak panjang kalau di jelasin di sini.. :-)

    rgds

    htd

  6. 6 lisa December 7, 2008 at 7:01 am

    Dear Pak Hartadi,

    Pak, saya kerja di Pabrik garment Korea bagian PPIC.
    Tolong diperjelas job-disc PPIC sebenarnya .

    Tlg segera dibalas ya

    Thx
    Lisa

  7. 7 danny February 4, 2009 at 5:36 am

    Mrs.Hartadi
    saya kerja dipabrik garmen disolo ,saya baru dan belum paham benar tentang lingkungan produksi jadi minta tolong dibuatkan struktur organisasi dalam pabrik garmen tempat saya bekerja.bagian – bagian ditempat bekerja saya uraikan sb:
    DIREKTUR

    TAXES&ACCOUNTING

    KABAG PROD
    CHIEF SPV

    SPV GUDANG KAIN
    FUSSINGNUMBERING

    SPV SEWING
    SPV FINISHING

    CHIEF QC
    QC1
    QC2
    QO3

    HRD+GA
    ADM

    PPIC
    PURCHASING,PLANNING

    MARKETING
    EXIM

    maaf agak berantakan sekali jadi mohon dibantu untuk dibuatkan struktur organisasinya.jadi tugas dan tanggung jawab masing2 bag jelas dan solid.trimakasih

  8. 8 danny February 4, 2009 at 5:37 am

    Mrs.Hartadi
    saya kerja dipabrik garmen disolo ,saya baru dan belum paham benar tentang lingkungan produksi jadi minta tolong dibuatkan struktur organisasi dalam pabrik garmen tempat saya bekerja.bagian – bagian ditempat bekerja saya uraikan sbb:
    DIREKTUR

    TAXES&ACCOUNTING

    KABAG PROD
    CHIEF SPV

    SPV GUDANG KAIN
    FUSSINGNUMBERING

    SPV SEWING
    SPV FINISHING

    CHIEF QC
    QC1
    QC2
    QO3

    HRD+GA
    ADM

    PPIC
    PURCHASING,PLANNING

    MARKETING
    EXIM

    maaf agak berantakan sekali jadi mohon dibantu untuk dibuatkan struktur organisasinya.jadi tugas dan tanggung jawab masing2 bag jelas dan solid.trimakasih

  9. 9 andi19 March 25, 2009 at 5:18 pm

    dibikin bagan dong lagi butuh bgt niihh bwt makalah puyeng,, hhha

  10. 10 hartadi March 26, 2009 at 2:07 am

    temen temen..

    Terimakasih sekali atas responnya..
    Mohon doa nya sekarang saya sedang coba menyelesaikan website yg berisi seluk beluk aktifitas pabrik / manufactur. Sehingga pertanyaan pertanyaan temen temen disini bisa terjawab. Saya berencana membuat tulisan semua aktifitasnya .. mulai dari pabrik kosong sampai running produksi, trus bagaimana kalau ada produk baru , bagaimana sistem development sebuah produk baru mulai dari konsep sampai mass production..
    Mohon doa nya ya..

  11. 11 risky January 28, 2012 at 2:26 am

    mas saya sdh menjalani usaha kompesi 15 th saya merasa jenuh tidak naik kelas ,saya mau coba usaha garmen tetapi tidak punya dasar ,saya tahu utamanya adalah pemasaran .tetapi produksi juga penting ,sy bingung mulai dari mana ya .saya minta saran awal usaha garmen .tks


Leave a Reply

September 2007
M T W T F S S
    Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

http://pulsasuci.tk/

Support System Marketing Online


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

