manufactur’s virus

welderBlog ini dibuat sebenarnya cuma untuk menuangkan pengetahuan – pengetahuan yang selama ini saya dapat selama saya berada di lingkungan manufactur, pabrik lah.. Akan aneh jika saya tuangkan kedalam sebuah diary… karena ini bukan bersifat curahan hati..ceileee. Akan saya tuangkan ke buku tulis juga kurang keren, sudah bertahun – tahun kita sekolah dan selalu nyatet pelajaran pakai buku tulis..masa sekarang pakai buku tulis lagi..maka saya putuskan pakai blog, biar ada peningkatan kualitas media tulis serta  bisa share dengan siapun. Hitung – hitung tambah amal ibadah untuk membagi ilmu yang bermanfaat…semoga.

Kenapa menggunakan nama Manufactur’s virus ? hayooo

gndIde dasarnya adalah saya kepengin berbagi atau menyebarkan pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh di lingkungan pabrik kepada semua orang. Saya yakin semua ilmu pengetahuan ada manfaatnya. Orang awam mungkin melihat kegiatan pabrik berbeda – beda, ada yang melihat dari sering demo-nya, ada yang melihat kayaknya sangat tertutup, ada yang melihat kelihatan serem dari luar dan beberapa pabrik kelihatan exclusive, biasanya yang sudah profesional dan kebanyakan multinasional. Blog ini paling tidak bisa bercerita tentang keadaan di dalam sebuah pabrik, manufactur industri. Jadi kenapa ada kata virus – virusnya  ya supaya bisa cepat menyebar, biar kita tambah ilmu.

Sudah lama indonesia menjadi tujuan investor asing untuk melebarkan sayap bisnisnya. Mereka membangun manufactur company begitu banyak, bahkan sengaja dibuatkan kawasan industri supaya kegiatan manufactur berjalan dengan damai..Tak ketinggalan mereka juga membawa pengetahuan, cara dan “budaya” yang ada di negaranya untuk diaplikasikan di pabrik mereka di Indonesia. Tetapi hanya sedikit efek yang diterima masyarakat kita dari keberadaan pabrik – pabrik tersebut, selain sebagai buruh atau karyawan.

borSebenarnya banyak sekali “budaya” yang ada di lingkungan manufactur yang sangat berguna bagi masyarakat luas baik masyarakat di lingkungan manufactur sendiri maupun masyarakat di luar lingkungan manufactur. Bahkan kegiatan sosial kemasyarakatan juga bisa mengadopsi “budaya” yang ada di lingkungan manufactur. Kita bisa belajar bagaimana sebuah pabrik menyelesaikan masalah yang menimpanya secara sistematis, dan yang utama adalah bagaimana melakukan perbaikan berkesinambungan atau continuous improvement secara sistemtis juga. Bayangkan jika kemampuan sperti itu bisa dimengerti dengan mudah oleh semua masyarakat kita…what a wonderfull Indonesia..!!

Blog ini dicipta tidak dengan maksud menggurui atau saya lebih tahu semuanya urusan manufactur… karena roda kehidupan dunia manufactur juga sangat kompleks seperti dunia dunia yang lain. Kadang antara satu manufactur company dengan company yang lain juga mempunyai sistem, policy dan way of working yang berbeda. Kebetulan lingkungan manufactur yang saya alami sekarang memang benar benar mulai dari nol, mulai dari bengkel kecil sampai sekarang mempunyai beberapa plant besar. Mulai dari tanpa sistem sampai kita sudah tersertifikasi ISO. Rekaman perjalanan ini yang saya akan coba tuangkan dalam blog ini.

Blog ini juga dapat digunakan sebagai sedikit gambaran buat rekan rekan yang akan terjun ke dunia manufactur, baik yang lagi nyari kerja dan pengin kerja di pabrik atau bagi yang akan bangun pabrik sendiri jika modalnya sudah cukup, yang penting biar kecil asal profesional.

kira kira demikian intro dari saya..

4 Responses to “manufactur’s virus”


  1. 1 pipin February 1, 2008 at 8:28 am

    Tolong ms agak diperjelas lagi pengertian dr manufactur agar org2 awam seperti saya lebih mudah memahami istilah manufactur

  2. 2 sutrisno October 7, 2008 at 3:14 am

    Salam kenal mas….

    Wah pengalaman di dunia manufaktur banyak sekali yah…
    Sutrisno
    http://trisnowlaharwetan.net
    tips dan trik komputer

  3. 3 Zaenudin October 8, 2008 at 8:25 am

    OOT…. Kenapa ya akhir2 ini virus made in Indonesia makin menggila? Pembuat virus mungkin ga pernah berfikir bahwa efek yang ditimbulkan akan merugikan orang lain? Saya mengelola sebuah jasa desain grafis, dimana tiap harinya terjadi interaksi dengan konsumen untuk mentransfer data melalui media UFD, automatically setiap virus yang ada di UFD konsumen masuk ke komputer perusahaan kami. Then… virus yang masuk sangat mengganggu efektifitas, efisiensi serta perfoma kerja kami.

  4. 4 hartadi July 9, 2015 at 6:39 am

    ini virus yang positip kok mas.. virus aliran putih.. heheheh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




September 2007
M T W T F S S
    Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives


%d bloggers like this: