Factory moving..

cut 1Sudah beberapa minggu ini memang santer terdengar bahwa corporate akan punya plant baru dan punya bisnis baru. Baru minggu kemaren big boss datang dan kami diajak ke kawasan industri sebelah dan kami ditunjukan dengan sebuah gedung yang cukup besar dan bagus. Ternyata benar, kita bakal punya pabrik lagi…! Minggu ini dibentuk team untuk aktifitas di pabrik baru, separuh kapasitas bakalan dipindah ke pabrik baru dan akan ditambah dengan bisnis baru . Dan ada pengumuman yang sangat mengagetkan, menurut boss kayaknya saya bakal dikembalikan lagi ke engineering… lho.., gagal ya di dept produksi ?  Awalnya saya berpikiran negatif seperti itu, tapi ternyata ada udang di balik rencana..peribahasa apa lagi tuh..?  🙂 Sudah hampir menjadi “budaya” di corporate, bahwa setiap dua tahun sekali kita mempunyai plant atau pabrik baru, kita mempunyai bidang usaha baru, bahasa kerennya adalah develop new bussiness. Kebetulan plant tempat saya yang akan diperluas bidang usahanya, corporate beli pabrik lagi yang lebih besar karena di tempat sekarang kurang luas. Jaraknya tidak jauh dari plant sekarang. Banyak aktifitas preparation yang musti dilakukan,  semua berawal dari membuat layout area.

saSudah dua kali ini urusan bikin layout area telunjuk boss mengarah ke saya untuk ngerjainnya..dua tahun yang lalu juga, kebetulan aktifitas pindahan juga pas puasa lagi..!! Dari pengalaman dua tahun lalu ternyata bikin layout tidak semudah kita bikin petak petak tempat naruh mesin dan orang. Lebih dari itu ternyata…Pertama, kita harus tentukan dahulu alur kerja produksinya atau flow of processnya. Darimana material masuk, proses pertama proses apa, proses kedua proses apa, proses ketiga proses apa dan seterusnya sampai finish goods keluar dari pabrik. Kedua, setelah flow of process telah ditentukan kemudian tinggal menentukan peletakan mesin mesin, sebelumnya mesin mesin diukur dahulu panjang lebarnya secara actual. Mesin mesin ditempatkan berurutan sesuai flow of process. Jangan lupa system penerangan juga harus ditentukan, paling tidak diatur supaya operator kerja dibelakang mesin masih bis melihat benda kerja dengan jelas, standarnya ada kok, berapa lux gitu tetapi saya lagi lupa.. 🙂  Ketiga, Setalah semua mesin diatur peletakannya dan system penerangan sudah ditentukan, kita tinggal rencanakan tempat panelnya dan diatur satu panel untuk beberapa mesin dan system penerangan. Setelah itu sudah bisa dihitung kebutuhan kabel dan lampu penerangannya. Keempat, Itu baru area produksi, selanjutnya area yang lain kurang lebih sama. Seperti untuk gudang, tentukan dahulu di pintu mana barang masuk dan di pintu mana barang keluar, dimana meletakan rak material. Khusus unutk area gudang, seperti halnya produksi menetukan flow of process, yang harus ditentukan di gudang adalah sifat material yaitu fast moving atau slow moving. Untuk material yang fast moving bisa di letakan sedekat mungkin dengan akses keluar. Bakalan repot nanti jika material fast moving diletakan di belakang sekali.

gtBagaimana dengan area office, kantin, receptionist dan halaman ? Lha untuk area tersebut biasanya harus ada sentuhan seninya, pokoknya musti dipoles dengan warna warni. Apalagi untuk receptionis atau lobby, kesan pertama musti menggoda, biar order datang dengan deras kayak hujan… banyak order banyak rejeki..!! Untuk  area office tentunya harus di set supaya orang kerja bisa senyaman mungkin, tata cahaya juga harus diatur dengan  baik, peletakan meja meja, komputer komputer diatur biasanya berdasarkan per departement.  Ketika meja meja dan komputer telah diatur maka giliran orang ICT untuk mempersiapkan kabel data / jaringan, dan tentunya siap siap beli komputer baru, antena untuk koneksi internet.

hyYah kira kira segitu sekilas kegiatan ketika kita setup pabrik baru, pokoknya semua team harus punya tenaga extra terutama team engineering dan maintenance. Dua team itu yang biasanya bergerak dahulu, ngukur ngukur area, check mesin, power suply dan segala yang berbau teknis. Setelah itu tinggal team delivery yang bergerak untuk ngangkutin barang dan mesin mesin. Dan ketika ada plant baru yang jelas semangat kita menjadi bertambah, pengalaman kita ter-upgrade, team kita semakin besar. Apalagi sekarang saya musti pegang dua plant ini. Wahhh ..!! Alhamdulillah masih diberi kepercayaan dan kesempatan.

1 Response to “Factory moving..”


  1. 1 mataharicinta October 2, 2007 at 1:51 pm

    mas..mas…….
    minal aidin walfaidzin,
    mohon maaf lahir dan batin ya:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




September 2007
M T W T F S S
    Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives


%d bloggers like this: