Indonesian Quality Convention 2007

Selama hampir setengah tahun ini sebenarnya saya sedang punya event  yang cukup menyita pikiran… yaitu QCC. Apa QCC ? … QCC adalah singkatan dari Quality Control Cyrcle, dalam bahasa indonesia Gugus Kendali Mutu atau GKM. Dalam aktifitas  pabrik kegiatan QCC sudah sering kita lakukan secara internal.

dsc00973.jpgSedikit saya intro apa dan bagaimana  QCC itu. QCC adalah bagian dari aktifitas continous improvement  di pabrik. Siapa yang ingin survive di dunia manufactur wajib ada aktifitas continous improvement. Demikian juga kita sebagai pribadi tentunya.. QCC adalah keja team, kita membentuk team terserah kita anggotanya, idealnya  terdiri dari empat sampai lima orang. Kalau terlalu banyak biasanya kurang efektif, masing – masing saling mengandalkan dan jobdesc kurang terkontrol. Kalau cuma seorang ya bukan team namanya.. he he he.. Anggota team idealnya lintas departemen supaya lebih luas wawasan sebuah team tsb, satu departemen juga tidak masalah cuman nantinya analisa analisa yang dihasilkan hanya pada satu lingkup departemen tsb.  Team ini dibentuk untuk melakukan perbaikan di area kerja masing masing atau area kerja satu plant, lebih luas lah..  Team team ini dibentuk semata mata untuk melakukan continous improvement . Semua team bebas memilih tema perbaikan atau continous improvement, tetapi diharapkan yang mempunyai added value  bagi perusahaan. Kemudian semua team diberi batas waktu untuk menyelesaikan rencana perbaikannya… biasanya 6 bulan ditempat saya. Setelah enam bulan diadakan konvensi atau penjurian untuk mengambil team mana yang kegiatan perbaikannya paling bagus dan berdampak positif terhadap perusahaan. Acara sangat meriah biasanya saat konvensi… kayak sepak bola aja… Itu sekilas tentang QCC.

Sudah dari tahun 2005 saya terlibat acara seperti ini…yaah baru kemaren !! Lalu apa yang bikin pusing ??

Tentu saja bikin pusing, kita harus melakukan rencana perbaikan dengan langkah langkah yang sistematis, tidak boleh asal… ada panduannya yaitu delapan langkah tujuh alat QCC. Semuanya mesti harus dicheck dan diuji kebenarannya dan dampaknya bagi perusahaan. Sebenarnya kalau cuman itu juga tidak begitu bikin pusing… sehari hari kerjaan juga kayak gitu.. tetapi kali ini lain.. Manajemen meminta saya dan team untuk ikut dengan skala nasional, bukan hanya lingkup pabrik. Lha itulah yang bikin stress.. kita harus berkompetisi dengan perusahaan lain dari seluruh indonesia..

Kali ini IQC 2007 dilaksanakan di Cisarua Bogor, yang diselenggarakan oleh PMMI, Perhimpunan Manajemen Mutu Indonesia. Setiap tahun PMMI mengadakan even ini.  Tempat IQC juga berpindah pindah di kota kota se Indonesia. Bapak Sudomo, mantan mentri di era orde baru adalah pendiri dari PMMI ini. Pesertanya adalah dari perusahaan perusahaan se Indonesia, biasanya perusahaan yang besar dan BUMN.

Selama hampir empat bulan team saya persiapkan untuk event ini, yang bikin pusing lagi adalah makalah QCC yang di daftarkan harus makalah tahun 2006… waahhh musti refresh lagi..cari cari dokumentnya, foto foto perbaikannya dan coretan coretan hasil meetingnya.. Untung sejak awal kami di ” doktrin ” bahwa dokument QCC itu sangat penting, tidak boleh hilang dan tercerai berai… Kalau cuman kumal dan kusam tidak jadi masalah, justru lebih keliatan  “aura sakralnya”… 🙂 he hehe

Setelah semua dokumen QCC kami serahkan maka tinggal hari konvensi yang kami tunggu. Hari konvensi adalah tanggal 27 – 30 Nopember 2007. Kami berangkat tanggal 26 nop, setelah pamitan dan mohon restu dari boss segera kami meluncur ke Bogor. Dalam perjalanan saya berusaha membangun rasa percaya diri setinggi tingginya.. bagaimanapun even nasional ini yang pertama. Sedangkan dua orang temenku sudah pulas…

Setelah sampai ditempat  kami melihat team team yang lain yang terlihat sangat kompak, banyak dan pada PD abiss…sedangkan saya hanya bertiga.. ya team saya cuma tiga orang. Melihat “performance” mereka di lobby perlahan lahan rasa percaya diri yang dari pagi saya bangun runtuh pelan pelan.. apalagi team dari perusahaan kami adalah yang pertama ikut di ajang IQC… pengalaman kami nol.!!

Sebenarnya banyak workshop penting yang sangat berguna  yang pengin saya ikutin, tetapi pikiran saya dan team selalu tertuju pada penjurian dan konvensi… presentasi ! Empat hari itu benar benar membuat kami stress, banyak makanan dan fasilitas tapi tidak bisa kami nikmati dengan maksimal.  Hari presentasi  giliran kami tanggal 30 nov jam satu siang ! Kami putuskan tidak makan siang sampai ahir presentasi, daripada mules ..!! Cuman makan kacang godok yg disediakan panitia tadi pagi… dan kopi.

Detik detik sampai jam satu benar benar membuat stress, apalagi fasilitator kami sekaligus ” guru spiritual manufactur ” ku belum kelihatan, beliau dalam perjalanan dari pabrik di bekasi. Sebenarnya ketiga “guru spiritual manufactur” ku berjanji hadir untuk kasih support murid muridnya..tetapi kok gak muncul…. Ahirnya jam satu tepat kami dipersilahkan siap siap, pasang laptop dan LCD. Pas lagi colok kabel laptop tiba tiba ketiganya muncul.. ” Baru mau mulai har ..??” wahhh semangat muncul lagi !!! Presentasi berjalan sangat lancar, tiba tiba aja mulutku lancar banget ngomong siang itu… padahal sehari sebelumnya belum hafal banget power pointnya.. Setelah presentasi legaaaaaa rasanya…

Setelah itu kami pamitan untuk makan siang, benar benar makan siang terlezat setelah empat hari… kami puaskan makan saat itu.  Guru guru spiritual manufactur ku lagi asyik menikmati presentasi peserta berikutnya, bahkan sempet tanya tanya saat presentasi.. Di dalam pikirannya beliau beliau tentunya sedang ber-memory remains tentang QCC mereka waktu muda dulu…Setelah puas nonton kami langsung menuju sebuah saung yang ada di depan gedung presentasi, crita crita dan bagi pengalaman menarik seputar QCC  dari guru guru ku.. ternyata mereka masih kangen ikutan QCC.

Tetapi jerih payah itu terbayar sudah.. vini vidi vici

medali

8 Responses to “Indonesian Quality Convention 2007”


  1. 1 Sandi September 28, 2008 at 7:16 am

    Wah.. seru banget nih… bulan november nanti saya berangkat ke medan bwt ikut konvensi mutu 2008. nama QCC nya apa ya mas..tahun ini berangkat lg gk?

    Salam kenal

    Sandi hidayat

  2. 2 hartadi October 6, 2008 at 1:19 am

    Salam kenal mas ..

    Bulan november mungkin gantian team lain yang ikut ke Medan..
    Nanti kalau saya yang ikut kita ketemuan ya..

    Salam mutu..

    rgds

    htd

  3. 3 darmi October 18, 2008 at 8:59 am

    Salam kenal semuanya…
    Tahun lalu saya juga ikut acara di Cisarua dan kalo tidak ada halangan bulan depan saya juga ikut berangkat ke Medan.
    Makalah sudah dikirim. Soal hasilnya nantisudah gak terlalu jadi beban, tinggal menikmati “jalan-jalan gratis” ..:-p

    Sampai ketemu bulan depan…

    Salam Mutu,
    darmi

  4. 4 Irawan January 10, 2009 at 10:44 am

    Thanks untuk tulisannya di goleti.com kang…..Sukses!

  5. 5 carpet tiles March 25, 2014 at 12:43 am

    Hello, this weekend is fastidious in favor of me, for the reason that this
    point in time i am reading this great informative post here at my house.

  6. 6 Maude August 3, 2014 at 6:54 am

    What’s up, this weekend is pleasant in suupport of me, for the reson that this mlment i am reading this impressive educational pareagraph here aat myy house.

  7. 7 stamped concrete patio ma August 16, 2014 at 3:24 am

    If some one needs to be updated witrh most recemt technologies then he must be pay a quick visit this website and bbe up to date all thee time.

  8. 8 Kaswanto January 28, 2016 at 4:46 am

    Salam Mutu, mas…mas
    Perkenalkan saya Kaswanto dari Argha Karya
    Jadi reunian ya…

    kebetulan saya juga pernah ikut IQC ke 29 di Batam th 2013, jadi saya masih Junior nih,
    Tapi alhamdulillah…..dengan semangat pantang menyerah Gugus kami berhasil meraih Prime Gold, sungguh pengalaman pertama yang sangat memuaskan

    Salam Mutu

    kami dari gugus “MAHAMERU” dari Argha Karya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




December 2007
M T W T F S S
« Oct   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Archives


%d bloggers like this: